Selasa, 29 Oktober 2013

Artikel dan Langkah Membuat Atikel pada Majalah Dinding


       Dalam pembahasan artikel, pasti sedikit terlintas dengan materi berita, artikel dan berita memiliki perbedaan tipis. Jadi, jangan salah tafsir bahwa artikel sama dengan berita. Dilihat dari pengertiannyapun sudah berbeda. Mari kita simak perbedaan serta pengertian berita di bawah ini.
Artikel adalah suatu berita yang berupa informasi-informasi tentang sesuatu hal untuk menambah ilmu pengetahuan yang bersifat tetap / permanen dalam jangka waktu lama.
Berita adalah suatu berita yang berupa informasi-informasi tentang sesuatu hal untuk menambah ilmu pengetahuan yang bersifat sementara.
Ciri-ciri atau perbedaan artikel dan berita :
1. Artikel bersifat tetap, sedangkan berita bersifat sementara.
2. Artikel berupa ilmu pengetahuan, sedangkan berita bukan berupa ilmu              pengetahuan.
3. Artikel dan berita ulasannya bisa panjang/pendek.
Penulisan artikel dibedakan menjadi dua, yaitu artikel ilmiah dan artikel nonilmiah. Artikel ilmiah ditulis berdasarkan hasil penelitian ilmiah dan disajikan kembali dengan sistematika penulisan ilmiah. Sementara itu, artikel nonilmiah lazim disebut esai. Artikel seperti ini dapat dibacadi majalah atau di surat kabar. Ciri artikel nonilmiah adalah disajikan dalam bentuk karangan bebas (tidak dengan sistematika penulisan ilmiah).
Artikel yang berada di surat kabar dan majalah pada umumnya dapat digolongkan sebagai karangan eksposisi yaitu isinya berupa penjelasan-penjelasan yang bersifat informatif tentang berbagai aspek kehidupan, seperti pendidikan, agama, keuangan, kesehatan dll.
Artikel juga dapat digolongkan sebagai karangan argumentasi, karangan ini pada umumnya bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan pendapat atau sikap pengarang tentang suatu hal, pengarang biasanya mengemukakan fakta-fakta, analisis fakta-fakta itu dan kesimpulan berdasarkan analisis tersebut. Semua ini merupakan argumentasi yang digunakan oleh pengarang untuk meyakinkan pembaca.
Mengingat pentingnya latihan menulis artikel ini, maka perlu adanya rencana untuk membuat majalah dinding. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan majalah dinding adalah sebagai berikut.

No
Dasar
Penjelasan
1
Jarak Pandang


Majalah dinding harus dapat dibaca jelas pada jarak + 2m.
2
Layout (tata letak) Tata letak untuk majalah dinding jangan hanya memperhitungkan segi seni/keindahan, tetapi utamakan kenyamanan dan kejelasan membaca.
3
Ukuran Majalah dinding + berukuran 60x80 cm, atau disesuaikan tempat.
4
Isi artikel Artikel harus bersifat netral atau tidakada tujuan memihak siapapun.
5
Tema Setiap majalah dinding yang dibuat harus fokus pada satu tema, misalnya lingkungan, sosial, seni, musik, dan lain-lain.
6
Pembaca Isi artikel dalam majalah didnding harus disesuaikan dengan calon pembaca.
7
Bahasa Agar terbiasa dengan bahasa baku, usahakan setiap tulisan menggunakan bahasa baku yang tetap menarik
8
Isi mading Opini, Fakta, problematika masalah pelajar dan penyelesaiannya, TTS, pengetahuan baru secara teori atau keterampilan, karikatur, sastra, pojok (berisi humor, pesan, tulisan singkat), dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar